23 Januari 2013

[tugas b.indonesia] Sinopsis Novel "Permainan Maut"





Pokok-pokok isi Novel
a.     Tema
Markus, Tony, semua anggota judoka dan ailina yang menyalahkan tory karna telah mendoron celina, hingga celina jatuh ke dasar sungai, tapi yang untung nya Markus masih percaya, bahwa Tory tidak pernah berniat sejahat itu.
b.    Tokoh dan Perwatakan
Markus                        :  Baik hati, pintar, keren,tampan, dan bersihan.
Tony                            :  Baik hati, pintar, keren, tampan, dan pemalas
Tory                             :  Baik, cantik, penantang, dan bertanggung jawab
Ailina                           :  Baik, ceria, dan penuduh
Celina                          :  Centil, iri hati, perusak hubungan orang, manja dan galak
i Ani                            :  Baik
Bi Atiek                       :  Sinis
Kutipan
Celina & Ailina           :  “Non Ailina baik, tapi non Celina manja dan galak, bibi tidak suka dengan non Celina” (72)
Tory                             :  Kini cewek itu sudah berubah menjadi cewek dewasa yang cantik, penuh kuat, penuh PD dan hobi mentertawakan masalah (80)
Tony                            :   Tapi masalahnya Tory bukan sahabat ku (Tony) yang dekil yang biasa ku dorong-dorong (82)
Bi Ani                          :  “Terimakasih ya bi, bibi baik banget deh” (73)

c.      Alur
Pada bab 5 menggunakan alur maju & mundur.
Maju               
Mundur           karna bi Ani menceritakan kejadin-kejadian yanng telah lalu, dan banyak para pemain yang mengungkit-ungkit masalalu.
Pada bab 6 juga menggunakan alur mundur.
Mundur           karna Tory menceritakan kembali tentang apa yang sebenarnya terjadi (saat celina jatuh kedasar tangga)

d.      Sudut pandang
Pada bab 5 kata “aku”  itu sebagai Markus.
Dan pada bab 6 kata “aku” itu sebagai Tory.

e.       Gaya bahasa
Di sini gaya bahasanya mudah dimengerti, karna bahasa yang digunakan tidak jauh beda dengan bahasa yang kami biasa gunakan.

f.       Latar (setting)
Malam             “G’nite, Markus” (79)
Pagi                 “kamu sendiri lincah luar biasa subuh – subuh begini, sampai – sampai                       kelihatan gak wajar.” (80)
Di pohon jeruk “Ayo, kita balapan sampai ke pohon jeruk terdekat.”                                 
(83)
Di penginapan Ailina “Kami langsung merupakan petuah yang sedang di lontarkan Tony, dan langsung keluar kamar. Di dekat tangga kami melihat Tory dan Celina sedang berdebat” (95)
Menegangkan – Kejadian menegangkan ini terjadi saat Tory dan Celina berdebat, hingga akhirnya Celina jatuh ke dasar tangga” (95)
Mengharukan – Kejadian mengharukan ini terjadi saat tidak ada satu orang pun yang percaya dengan Tory. Tetapi Markus tetap percaya dengan nya. (111 – 113)


Keunggulan novel :
a.       Organisasi:
b.      Isi: lebih seru, lebih menantang, romantis, lucu, menyenangkan untuk dibaca, alur ceritanya lebih mudah dimengerti, dan tidak cepat membuat bosan bagi para pembacanya
c.       Bahasa: bahasanya lebih mudah untuk dimengerti karna novel ini menggunakan bahasa yang sudah sering dipakai oleh masyarakat.

Tujuan merensensi novel:
Untuk melaporkan isi novel kepada guru bahasa Indonesia (sebagai tugas) dan melatih pemahaman kita terhadap apa yang kita baca serta menambah pengalaman membaca.
Sinopsis:
Yo, namaku Tony Senjakala dan hidupku saat ini bagaikan sederetan mimpi buruk.

Sebuah e-mail dari teman lamaku—tentang kejadian-kejadian misterius di rumahnya—terus mengusik pikiranku. Namun aku berusaha melupakannya karena sudah tidak sabar lagi untuk berlibur dengan Jenny, pacarku yang manis banget.

Tak disangka, tiba-tiba muncullah seseorang yang sangat tidak ingin kujumpai, namun terus saja menghantui kehidupanku. Tidak ingin orang ini membahayakan Jenny, aku terpaksa melupakan liburan impianku, mengadakan kamp latihan judo dadakan, dan menginap di rumah misterius yang konon menimbulkan nasib buruk bagi para penghuninya.

Celakanya, Markus, sobatku, malah menjalin hubungan mesra dan menjijikkan dengan si oknum ini, tidak peduli betapa uring-uringan aku dibuatnya, tidak peduli kami terkurung di penginapan menyeramkan, tidak peduli satu demi satu anggota klub judo mulai lenyap.

Bersama pasangan yang tidak serasi inilah aku harus membongkar semua kejadian aneh ini. Apa sih sebenarnya yang terjadi di penginapan ini? Apakah ada kaitannya dengan hantu legenda si Kakak yang menginginkan teman dan si Adik yang menginginkan pembalasan dendam?

Ataukah ada permainan yang lebih mengerikan daripada yang kami duga?

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...